Membuat Contoh Biodata Penulis

Seringkali kita bisa menemukan contoh biodata penulis di buku, di media blog, dan di media-media yang memang di dalamnya ada karya tulils dari seseorang. Dalam membuat contoh biodata yang satu ini kita juga diharuskan tahu terlebih dahulu konteks seperti apa yang memang dibutuhkan dalam membuat biodata tersebut. secara umum ada dua tipe biodata penulis yang biasanya dibuat. Yakni ada yang menggunakan bentuk non-paragraf dan menggunakan bentuk paragraf. Bentuk non paragraf dibuat layaknya biodata pada umumnya yang berisi informasi sesuai dengan konteks informasi yang dibutuhkan yang mana kita hanya tinggal mengisinya sesuai dengan konteks tersebut. nah sedangkan untuk biodata yang ditulis secara berparagraf maka informasi yang ada ditulis layaknya sebuah karangan dalam bentuk paragraf.

Nah dalam membuat biodata untuk penulis biasanya data yang dibutuhkan hanya sedikit saja. tidak sebanyak informasi yang dibutuhkan pada biodata siswa atau biodata jenis lainnya. Beberapa di bawah ini merupakan beberapa informasi yang pada umumnya dibutuhkan saat membuat biodata penulis :

  1. Nama penulis. Nama penulis yang ditulis dalam biodata ini bisa berupa nama lengkap atau nama asli dari si penulis atau bahkan bisa juga berisi nama pena yang biasa di pakai oleh si penulis tersebut.
  2. Tempat tanggal lahir. Informasi ini dibutuhkan untuk mengetahui asal dan usia dari si penulis.
  3. Latar belakang pendidikan. Informasi ini juga biasanya tertera pada biodata penulis yang ada pada karya si penulis tersebut.
  4. Karya yang telah dipublish. Informasi ini juga menjadi informasi penting yang mana akan membuat setiap penikmat karyanya menjadi tahu apa saja karya yang telah diciptakan si penulis tersebut.
  5. Email ini dibutuhkan biasanya dibutuhkan agar setiap pembaca bisa mengontak si penulis.

Tentu biodata yang akan untuk seorang penulis tidak seformal biodata jenis lainnya yang dibuat untuk seorang siswa atau seorang calon pekerja. Biodata penulis akan lebih banyak mengangkat mengenai cerita kehidupan probadi dari si penulis juga. Sehingga tak heran jika kebanyakan biodata penulis dibuat dalam bentuk berparagraf. Hal ini karena banyak hal dari sisi kehidupan si penulis yang juga perlu diangkat dan dicantumkan dalam biodata tersebut. tujuannya adalah agar semua pembaca menjadi lebih tahu dan lebih mengenal dekat dengan si penulis. Dan biasanya biodata dari penulis ini tidak secara langsung dibuat oleh penulis tersebut melainkan dari penerbit yang editor yang membuatnya. Hal ini karena biodata dibuat dengan sudut pandang orang ketiga.

You May Also Like

About the Author: editor